Rabu, 22 Oktober 2008

ASAL USUL KATA MARGA SILALAHI

By : B. Joseph Silalahi

Didalam mempelajari dan menelusuri suatu sejarah Kejadian yang berlangsung sudah lewat, kita harus mempelajari Historical culture pada era itu juga, karena kalau kita bawa ke pemikiran dan era kita sekarang ini, akan beda dan jauh hasilnya, dan kebanyakan tdk masuk akal.
Mis: Kenapa sampai Mertua Laki-laki tdk bisa menolong menantu perempuan walau jatuh di depannya?
Kenapa seorang Istri dari abang/adek istri kita tdk bisa salaman sama kita (marbao) dan sebaliknya
tentu ini jika di hubungkan era saat ini sangat janggal dan tdk toleran, tapi kalau era dulu itu adalah sangat lumrah dan sopan dan ada latar belakangnya.

Menelusuri perdebatan mengenai asal marga SILALAHI apakah berasal dari nama SILAHISABUNGAN atau dari nama anaknya yakni SILALAHI (SILAHI RAJA)?
Tentu dalam mengetahui hal ini kita harus banyak belajar tentang Historical Culture yang berlangsung dalam era itu di Suku Batak karena Silahisabungan adalah orang BATAK tulen.
Didalam sejarah Suku Batak dari dulu hingga saat ini masih terpelihara penyebutan nama orang tua adalah hal yang sangat Tabu dan sakral, dan tak bisa disangkal sering terjadi perkelahian apabila menyebut nama Orangtua seseorang dengan sembarangan.
Adapun sebutan atau panggilan kepada seorang Orang Tua hingga zaman saya lahir 1970 adalah berdasarkan Gelar atau nama anak pertama.
Seperti ayah saya Tidak pernah ada yg menyebutkan namanya yang sebenarnya di paradatan atau sehari-hari, tapi selalu memanggil “Kompi” (gelar) karena ayah saya Komandan Peleton di Jajaran ABRI waktu itu atau dengan Panggilan nama anaknya yang pertama.
Tentu dgn mempelajari Historical Culture di bangsa batak bisa di pastikan nama Silahisabungan, sebagai seorang Tabib besar dan terkenal tdk mungkin orang berani menyebut atau memanggil namanya sembarangan, makanya dia selalu dipanggil dengan Amang Silalahi karena anaknya yang pertama adalah bernama Silalahi yang menjadi Anak Panggoarinya.
Dan adat turun temurun di suku Batak, anak Pertamalah yang meneruskan kekuasaan/Warisan, makanya Huta dan Tao yang dipukka Silahisabungan disebut Silalahi karena dialah anak Pertamanya. Seandainya nama lain anak pertamanya pasti disebut sesuai dgn nama anak tersebut.
Jadi mari kita pilah-pilah dengan cermat dan pakai logika serta nalar yang cermat agar jangan salah menafsirkan hingga menjadi bias yang tidak berkesudahan.

Horas.

27 komentar:

  1. horas bang josep, itu adalah cara berpikirmu yang salah. Tao Silalahi bukan nama dari anak pertama raja SILAHISABUNGAN, biar lebih jelas datang ke SILALAHI NABOLAK jangan asal ngomong, aku gak setuju dengan pendapatmu itu. Thanks

    BalasHapus
  2. Kalau Silahi Sabungan bukan nama oppui tetapi memakai nama anaknya Silalahi Raja (karena pantang), apakah demikian halnya dengan yang lainnya ? Mis Sipaet Tua apakah ini nama anaknya siakkangan juga? Siraja oloan apakah ini nama anak siakkangan juga, terus Silalahi Raja nama siakkangannya kan Tolping Raja, kenapa namanya tetap Silalahi Raja, kenapa gak ganti menjadi Tolping Raja juga seperti Silahisabungan yang pake nama anaknya?

    BalasHapus
  3. Tolong jangan asal membuat opini sendiri dengan silalahi sabungan( silalahi raja)
    melihat banyak cerita semua sangat berbeda.
    jd klau adapu yang pintar jangan menyesatkan silsilah silalahi.satupun dari cerita yg q dengar nga ada yg q percaya.hanya q hanya percaya apa yg diterangkan oppung saya dan orang tua saya yang q anggap benar

    BalasHapus
  4. Nama yang diberikan RAJA SILAHISABUNGAN kepada anak pertamanya adalah SILAHI dari isteri pertama PINTA HAOMASAN BORU RAJA AMBATON, sedangkan SILAHIRAJA....ada penambahan kata 'RAJA' setelah SILAHI, adalah DOA/HARAPAN yang diberikan SIMBOLON TUA pada saat SILAHI masih bayi dan digendongnya, dengan harapan dapat berkembang bertambah banyak keturunannya, menjadi 'RAJA' dalam adat batak.



    SILAHIRAJA MEWARISI MARGA SILALAHI kepada keturunannya, dari seorang isteri Boru Simbolon Tua melalui ke- 2 orang anaknya , yaitu, BURSOK RAJA SILALAHI dan RAJA BUNGA-BUNGA SILALAHI ( RAJA PARMAHAN SILALAHI ), dikenal juga sebagai marga SILALAHI RAJA. Dengan sendirinya SILALAHI sudah menjadi 'RAJA' , dengan banyaknya keturunannya sampai saat ini.

    keberadaan silalahi tolping masih tanda tanya ????

    BalasHapus
  5. Trus Silalahi Raja Siapa donk?dari penjelasan di atas dapat dipastikan tarombo yg diatas diambil tarombo Bursok Raja,yg jadi pertanyaan apakah Silalahi Tolping sepakat dengan hal ini?silahkan kalau mau di share,saya bersedia kok ngajarin kalian.

    BalasHapus
  6. KALAU DI ACARA ADAT, KETURUNAN BURSOK RAJA MEMANGGIL ABANG(HAHADOLI) KEPADA KET.TOLPING RAJA. SEPERTI BIARJO MEMANGGIL ABANG KEPADA SI TOTOK ATAU SIMARUATAS. TETAPI TAK SATUPUN DARI KET.RAJA PARMAHAN YANG MANGGIL ABANG SAMA YANG DUA ITU....
    KARENA RAJA PARMAHAN TIDAK PERNAH MERASA MARHULA2 KEPADA PARNA KHUSUNYA SIMBOLON.
    1.JIKALAU TOLPING MARULAON SELALU MEMANGGIL ANGGIDOLI KPD BURSOK DAN SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    2.JIKALAU BURSOK MARULAON SELALU MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN ANGGI DOLI KEPADA SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    3.TETAPI JIKALAU KET.SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN)MARULAON "TIDAK PERNAH" MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN BURSOK, DAN TIDAK PERNAH MEMANGGIL YANG DUA POMPARAN ITU..

    BIG QUESTIONS:
    - APA HUBUNGAN BURSOK DENGAN TOLPING (TANYA KEPADA DUA KETURUNAN YANG BERSANGKUTAN)
    - APA DASAR TOLPING MENJADI PAHPPU PANGGOARAN OP.RAJA SILAHISABUNGAN
    - SIAPA ISTRI SILAHI RAJA
    - SILAHI RAJA ATAU SILALAHI RAJA
    - SIAPA HULA2 TOLPING DAN BURSOK????
    - POSISI BIUS KETURUNAN TOLPING DAN BURSOK DI SAMOSIR
    - DIMANAKAH SILAHI RAJA/SILALAHI RAJA MARHUTA??? (TOLPING ATAU SAMOSIR) DAN DIMANA KETIGA ANAKNYA (MNRUT CERITA PARSAMOSIR) TINGGAL?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Datang aja ke tolping. Disana ada makam op. Siraja tolping

      Hapus
  7. RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI.

    SILALAHI ADALAH NAMA DAN GELAR DARI SILAHI SABUNGAN. YANG MANA DIGUNAKAN SEBAGAI MARGA PERTAMA KALI OLEH SIRAJA BUNGA-BUNGA MENJADI SIRAJA PARMAHAN SILALAHI. DAN SIRAJA BUNGA-BUNGA LAH YANG PERTMA SEKALI MANUSIA BATAK YANG MEMPUNYAI MARGA DAN MARGANYA SILALAHI.

    RAJA BUNGA-BUNGA ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI NAMBORU KITA DEANG NAMORA. YANG MANA KETURUNANNYA DARI : SILAHI SABUNGAN - SONDIRAJA - RUMASONDI - SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN SILALAHI)

    RAJA PARMAHAN ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI SIBAGOTNIPOHAN DAN TUAN SIHUBIL, YANG MANA MENCERITAKAN KISAH PENCULIKAN RAJA BUNGA-BUNGA DARI PENGGEMBALAANNYA (PARMAHANAN).

    SILALAHI MERUPAKAN WUJUD NYATA NAMA KEMBALINYA SOSOK SILAHISABUNGAN (SILALAHI) DI TOBA SETELAH SEKIAN LAMANYA PERGI MENINGGALKAN HUTANYA DI TOBA KARENA ADA SUATAU KEJADIAN KURANG MENARIK DIANTARA ANAK-ANAK NAISUANON (1.SIBAGOTNI POHAN- 2.SIPAETTUA- 3.SILAHISABUNGAN- 4.SIRAJA OLOAN- 5.SIRAJA HUTALIMA*).

    KARENA RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI DIANGGAP SEBAGAI SOSOK SILAHISABUNGAN, MAKA NAMA ANAK-ANAKNYA (PINOMPAR) PUN MENYERUPAI NAMA ANAK-ANAK SILAHISABUNGAN, YAITU:

    1.SIHALOHO
    2.SINAGIRO
    3.SINABANG
    4.SINABUTAR

    SIRAJA BUNGA-BUNGA SANGAT DISAYANGI DI TOBA, KARENA DIANGGAP SEBAGAI PEMBAWA BERKAH SETELAH SEKIAN LAMANYA HUTA BALIGE RAJA DILANDA KESENGSARAAN (BENCANA) KEKERINGAN. MAKANYA RAJA BUNGA-BUNGA DIGELARI DENGAN RAJA PARMAHAN SILALAHI, RAJA PAREME, SI RAJA UDAN...
    HORAS....HORAS....HORAS.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika Raja Bungabunga anak dari Rumasondi berarti dia akan bermarga Rumasondi bukan Silalahi.
      jika Raja Bungabunga menamai anak-anaknya sama seperti nama anak Silahisabungan, harusnya :
      1. Sihaloho
      2. Situngkir
      3. Rumasondi
      4. Sinabutar
      ini kok diputarputar dan perlu audara tau Sinagiro bukan anak Silahisabungan tapi itu sudah cucu, jadi jangan dipaksakan. Horas.

      Hapus
    2. silalahi raja adalah cucu dari Deabang Raja,anak dari keturunannya op lahisabungan yg dia usir dari kampung halamannya.

      Karena Debang Raja tidak memberi nama kepada anaknya yang 4 orang tersebut,sehingga anak pertamanya membuat namanya sendiri yaitu op lahisabungan.

      Mendengar nama anaknya itu Debang Raja marah besar dan dimintanya anaknya itu untuk merubah namanya,namun karena keras kepala anaknya tersebut sehingga Debang Raja mengusir anak pertamanya itu dari kampung halamannya dan berangkatlah dia ke daeraha balige dan menikah disana dengan boru simbolon itu kisah terjadinya akka silalahi raja nalilu.

      Hapus
    3. silalahi raja nalilu seperti nya nama yg bagus buat gantiin nama yg pertama yaitu silalahi raja tolping.

      alexander haloho saya marga silalahi raja/tolping .hanya bisa mengucapkan semoga kamu bahagia dengan kata" yg kamu tulis dan di baca banyak orang.martua ma ho jala hasea tu jolona.

      Hapus
  8. Bagus dan tetap semangat...

    BalasHapus
  9. unang olo ho pajolo jolohon entar kualat looohhhh

    BalasHapus
  10. Sehebat apapun kamu2 pinoppar silalahi raja nalilu membuat rekayasa,tidak akan mampu merubah sejarah oppung kami silahisabungan.

    Jika kamu mengatakan bahwa kamu naka dari silahaisabungan dari istri pertama boru simbolon berarti boru simbolon itu adalah gundiknya silahisabungan yang dikawini secara tidak sah sehingga tidak tampak sejarahmu dijajaran pomparan silahisabungan.

    BalasHapus
  11. ntah mana pun yg benar.
    bingung aq.
    lagi pula aq ga tau tarombo.
    aq pun br silalahi nya tp aq ga tw mana yg btul dari penjelasan kalian satu2.

    BalasHapus
  12. Bingung muter-muter...mbok ya kalau ngejelasin sesuatu itu langsung dari atas kebawah - awal ke akhir...jadi siapapun yang mengikuti bisa mengerti dan tahu permasalahannya dimana...!!!

    BalasHapus
  13. menurut cerita yg ku tau op.silahisabungan yg beristrikan op.pinggan matio yg brasal dari pakpak punya anak panggoaran lohoraja,tapi knapa bisa jdi lahiraja anak panggoaran nya?

    BalasHapus
  14. menurut saya apara2 semua hanya buat generasi muda jadi bingung.

    BalasHapus
  15. Horas Pomparan Raja Silahi Sabungan

    BalasHapus
  16. horas.. bagaimana dengan kami yang belum tau tarombo ni batak,, jika informasi yg diberikan masih banyak yg membenahi... kita butuh yang pasty.. untuk mencari jati diri...

    BalasHapus
  17. Silahi raja itu jadi jadian bro,silahisabungan anaknya cuma 8 orang dan 1 perempuanlah oe bursok

    BalasHapus
  18. halo saudara,biar klean tau anak pertama itu silalahi raja,silalahi kn punya 3 istri,istri prtma itu br.simbolon,,dri istri prtma ada 2 orang anak,satu laki laki dan satu perempuann.tugu silalahi tolping ada di pangururan .silalahi raja khusus tersendri.aku aja yg masi anak SMA pahamm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Damai itu indah. Siapa yg benar siapa yg salah. Kan tidak ada untungnya. Yg tahu kan. Op Boru dan po doli kita. Mudah mudahan Sahala op silahisabungan. Memberikan kebenaran yg sebenarnya. Khusus Silalahi raja
      Biar tidak berkelanjutan.

      Hapus
  19. Silalahi raja dengan gelar si uttut begu yang di rekayasa tolping

    BalasHapus
  20. seng penting kita tau dari turpuk mana kita

    BalasHapus