Selasa, 01 Desember 2009

CUPLIKAN DATA DARI BUKU PARNA

BAB IX
PARSADAAN RAJA NAIAMBATON
“P A R N A”

Naiambaton adalah nama seorang ibu, yaitu nama istri pertama Tuan Sorimangaraja, nama itu melekat padanya adalah karena nama anaknya Siambaton. Nama untuk Siambaton ini setelah dewasa disebut juga Tuan Sorbadijulu. Ada juga yang menyebutnya Suliraja dan setelah tua disebut juga namanya Ompu Bolon.

Nama untuk ibu yang melhirkan Siambaton ini ketika belum diperistri Tuan Sorimangaraja ialah Siboru Anting-anting Sabungan (Siboru Paromas). Dia adalah saudara perempuan dari Tuan Saribu Raja, Limbong Mulana, Sagala Raja dan Malau Raja atau puteri dari Guru Tatea Bulan.

Nama Naiambaton inilah yang menjadi nama untuk keturunan Siambaton atau Tuan Sorbadijulu. Lebih popular nama itu diakronimkan Parna (Parsadaan Naiambaton). Menurut cerita ibu Naiambaton inilah yang berpesan kepada anaknya Siambaton agar keturunannya bersatu , sisada lulu anak sisada lulu boru. Artinya tetap merasa satu keluarga dan tidak saling mengawinkan anak antara sesame mereka di kemudian hari . karena itu sampai sekarang ini antara sesame marga yang tumbuh dari Siambaton atau Tuan Sorbadijulu terasa pantang untuk saling kawin.

Tuan Sorbadijulu ini mempunyai 4 orang anak laki-laki : Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua, Munte Tua dan seorang anak Perempuan. Anak perempuan bernama Pinta Haomasan (Boru Baso Nabolon) ini adalah menjadi isteri Silahisabungan yang melahirkan Silahi Raja.

Tuan Sorbadijulu memiliki anak :
1. Simbolon Tua
2. Tamba Tua
3. Saragi Tua
4. Munte Tua

Ad. 4. Munte Tua memiliki anak:
1. Raja Sitempang (Op. Raja Pangururan)
2. O. Jalak Maribur
3. Ompu. Jalak Karo
Ad. 4.1. Raja Sitempang (Op. Raja Pangururan) memiliki anak:
1. Tanja bau
2. Sigalingging

MARGA SIMBOLON

Marga Simbolon adalah marga yang tetap digunakan untuk keturunan Simbolon Tua, kecuali keturunan Nahodaraja (Simbolon Tuan) yang sudah menggunakan marga baru seperti: Tinambunan, Tumanggor, Turutan, Maharaja, Pinayungan, Nahampun (Keturunan Tuan Pusuk atau lajim disebut : Sionom Hudon) Anak laki-laki Simbolon Tua ada dua orang yaitu: Tunggul Sibisa (Tuan Suri Raja) dan Martua Raja. Seorang perempuan yang menjadi isteri Silahi Raja atau yang melahirkan: Tolping Raja, Bursok Raja, Raja Bunga-bunga. Cucu Simbolon Tua dari dua anaknya laki-laki itu ada 7 orang.

Putri Simbolon Tuan (Nahodaraja) bernama Bintang Maria adalah isteri Datu Parulas. Isteri Datu Parulas bernama Boru Sumange adalah isteri Raja Tunggal (leluhur marga Hasugian). Dari perkawinan Datu Parulas dengan Bintang Maria (putri Nahodaraja) inilah lahir marga : Nahulae, Pusuk dan Sibuaton.

SIMBOLON TUA memiliki anak:
1. Tuan Suri Raja (Tunggul Sibisa)
2. Martua Raja

Ad. 1 Tuan Suri Raja memiliki anak:
1. Tuan Nahodaraja
2. Altong nabegu
3. Pande Sahata
4. Juara Bulan
Ad 1.1 Tuan Nahodaraja memiliki anak :
1. Tinambunan
2. Tumanggor
3. Maharaja
4. Turutan
5. Pinayungan
6. Nahampun

Ad. 2. Martua Raja memiliki anak :
1. Suhut Nihuta
2. Raja Sirimbang
3. Raja Hapotan



Data dan fakta ini di tulis dari buku PARSADAAN RAJA NAIAMBATON (PARNA) sesuai dengan aslinya. Isi sepenuhnya tanggung jawab Pomparan Raja Naiambaton.

Horas.


Diketik kembali oleh:

Biarjo Joseph Silalahi
ParPintusona/ Pangururan

3 komentar:

  1. Naiambaton adalah nama seorang Ibu, tetapi kenapa yang menggunakan gelar Raja ? Apakah ada di halak batak boru menjadi Raja?

    BalasHapus
  2. Baca catatan diatas:
    isi sepenuhnya tanggung jawab Pomparan Raja naiambaton, jadi silahkan buat pertanyaan kepada mereka. Horas

    BalasHapus
  3. tentang Nahodaraja, ada yg mngtakan nahodaraja 1&2
    yg pergi merantau ke daerah pakar,saya krng jelas infonya,
    nahodaraja yg mana,dan yg pergi merantau ke daerah dairi yg mana juga,,
    saya Simbolon tuan,,tp bukn dari sionom hudon,,,opungnya opung ga prnh ada cerita ttg si onomhudon,,tapi kami Simbolon tuan,, tlng komentnya

    BalasHapus