Rabu, 18 November 2009

SILALAHI

SILALAHI (SILAHI RAJA) adalah generasi ke VI dari SIRAJA BATAK yang adalah anak sulung dari SILAHISABUNGAN dari Istri Pintahaomasan Boru basobolon putri dari TUAN SORBADIJULU (NAIAMBATON)

SILALAHI menikah dengan boru Simbolon putri dari SIMBOLON TUA dan bertempat tinggal di huta Tolping Ambarita dan mempunyai anak:
1. Tolping Raja Silalahi (bermukim di huta Tolping)
2. Bursok Raja Silalahi (bermukim di Pangururan)
3. Raja Bungabunga Silalahi (bermukim di balige)

Ke tiga anaknya ini memakai nama ayahnya menjadi marga turun temurun hingga saat ini.
Adapun Raja bungabunga Silalahi telah diculik Tuan Sihubil dari dolok Parmahanan untuk memaksa SILAHISABUNGAN datang ke Balige untuk berdamai dgn abangnya SIBAGOTNIPOHAN agar kemarau panjang berakhir di Balige, hal itupun terlaksana dengan sempurna kemaraupun berakhir.
Untuk merayakan hari yang berbahagia itu diadakanlah pesta besar dan Raja Bungabunga Silalahi akhirnya diangkat Tuan Sihubil menjadi anaknya dan di padankan dgn anaknya yg bernama Tampubolon, sehingga sampai saat ini Pomparan marga Silalahi dan Tampubolon adalah kakak beradik yang tidak bisa saling mengawini satu sama lain.

Raja Bungabunga Silalahi, telah menjadi anak dari Tuan Sihubil, untuk mengenang sejarah penculikannya dari dolok Parmahanan maka Tuan Sihubil membuat namanya menjadi RAJA BUNGABUNGA SILALAHI PARMAHAN, bukan RAJA BUNGABUNGA dgn gelar SIRAJA PARMAHAN SILALAHI, karena Raja bungabunga bukan bergelar Silalahi tapi bermarga SILALAHI sesuai dgn nama ayahnya SILALAHI, hal ini perlu diperhatikan karena sangat berbeda jauh, BERGELAR dgn BERMARGA. Karena gelar bisa dibuat-buat tapi marga sudah turunan dari ayahnya.
JADI
Jika ada RAJA BUNGABUNGA BERGELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI itu mungkin bukan anak dari SILALAHI, atau mungkin mereka adalah korban pemutar balikan sejarah dan Tarombo.

Agar lebih akurat mari belajar adat istiadat bangso Batak dan silsilahnya dari generasi ke generasi.

Horas

Biarjo Joseph Silalahi
Par Pintusona

7 komentar:

  1. Mohon penjelasan..
    Horas.. mohon penjelasan!!!

    Tentang pengucapan dan kebiasaan :
    Beda gak Raja Silahisabungan dengan Ompu Silahisabungan? Versi Pangururan: selalu dengan sebutan Ompu Silahisabungan...
    Kenapa hanya Simbolon yang marboruhon Silalahi??, sdg Tamba, Munte TIDAK??

    Jk benar Ompung kita Raja Silahisabungan beristri Siboru Baso Nabolon, hal ini dikuatkan dr tarombo yg mana?
    Ttg Silalahi yg di Pangururan, kenapa namanya Sibursok raja? (bursok=penamaan kpd anak laki2 yg belum diberi nama). Kenapa??

    BalasHapus
  2. candra sudianto silalahi raja dari tolping27 September 2010 22.54

    Tolong penjelasan lebih lanjut...
    jangan buat pintar2 sendiri..
    q candra silalahi raja dari tolping

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. menurut lumban silalahi nagodang pangururan; mengenai silalahi tolping

    Silalahi ( silahiraja ) memperisteri boru Simbolon Tua...yang melahirkan Bursok Raja silalahi dan Raja Bunga-Bunga Silalahi

    keberadaan silalahi dari tolping, adalah berasal dari isteri gelap ( selingkuhan ) silalahi ( silahiraja )..yang menjadi aib bagi Simbolon tua dan juga menjadi aib bagi marga Silalahi....tidak diakui oleh simbolon tua dan tidak diadati...ketika selingkuhannya hamil, dibawalah oleh Silalahi ( Silahiraja ) ke tolping.

    dari situ diketahui, tolping adalah nama tempat, bukan nama orang..sama halnya dengan pangururan, balige atau jakarta.

    Tolping adalah nama tempat...bukan nama orang..gimana penjelasannya, nama tempat bisa punya marga ?? demikian juga dengan anak2nya yang lumban-lumban ??

    bagaimana mungkin pomparan anak panggoaran / pahompu panggoaran Raja Silahisabungan dan silahiraja...adalah nama-nama tempat ??

    demikian juga dengan turi-turian orang tolping ini mengenai Raja silahisabungan yang sangat TIDAK MASUK AKAL dan sarat REKAYASA.

    --

    sama seperti kota jakarta, yang diberi nama menjadi Siraja Jakarta Silalahi...punya anak namanya jakarta pusat silalahi, jakarta timur silalahi, jakarta selatan silalahi, dsb

    siraja jakarta silalahi adalah amani jakarta pusat silalahi....oppung ni stasiun senen silalahi....SANGAT TIDAK MASUK AKAL !! ADALAH REKAYASA !!

    keberadaan Tolping pada tulisan saudara , sebagai anak pertama SILALAHI...sebagai anak panggoaran Silalahi ( Silahiraja ) SANGAT TIDAK MASUK AKAL !! terlalu mengada-ada, sangat sarat Rekayasa !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diculik tuan sihubil dari dolok parhomasan ada berapa orang ??
      3 kan ??
      3 cucu silahisabungan, yaitu :
      1. Tolping Raja Silalahi
      2. Bursok Raja Silalahi
      3. Raja Bunga-Bunga Silalahi

      unang songoni ho pra?
      i dokko omputa Silalahi Raja marselingkuh?
      na boha do ho?
      jelas dope Silalahi i???

      Hapus