Rabu, 04 November 2009

TERJADINYA PADAN SILALAHI DENGAN TAMPUBOLON

Kemarau panjang di huta Balige Raja sudah diambang batas hingga membuat rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi kering dan ternakpun banyak yang mati, hal itu sangat meresahkan Sibagot nipohan yang menjadi pewaris tahta dari Tuan Sorbadibanua.
Mengingat sepanjang pemerintahan ayahnya Tuan Sorbanibanua, hal ini belum pernah terjadi hingga membuatnya cemas dan bertanya kepada orang pintar.
Singkat cerita setelah di lakukan ritual kepada Mulajadi Nabolon, tirai misteripun terungkap bahwa semua itu terjadi karena ulah Sibagot nipohan yang membuat kesalahan hingga adek-adeknya Sipaettua , Silahisabungan dan Sirajaoloan sakit hati hingga pergi meninggalkan huta Balige Raja.
Adapun satu-satunya syarat agar kemarau panjang bisa berakhir menurut petunjuk orang pintar tersebut, Sibagot nipohan harus mengumpulkan adek-adeknya untuk minta maaf dan berdamai.
Hal itupun tidak disia-siakan Sibagotnipohan dan segera menyuruh anaknya Tuan Sihubil dan ditemani pengawalnya.
Huta Laguboti menjadi persinggahan pertama mereka utk menemui Sipaettua, setelah Tuan sihubil menceritakan keadaan di Balige Raja Sipaettuapun bersedih dan menyanggupi untuk datang segera. Selanjutnya Tuan Sihubil berangkat ke Bakkara menemui Sirajaoloan dan menceritakan kejadian yang menyedihkan itu hingga Siraja oloanpun siap untuk datang sesuai dengan hari yang ditetapkan.
Perjalanan jauhpun terbentang dihadapan Tuan Sihubil untuk menuju Huta Tolping Samosir tempat tinggal Silahisabungan yang belum tentu juga ada disitu, karena Silahisabungan sering mardua huta ke Paropo tempat istri ke duanya dan ke huta lain untuk mengobati.
Namun hari yang baik juga yang menyertai Tuan Sihubil hingga mereka bertemu di Tolping dan menyampaikan pesan ayahnya untuk datang ke huta Balige Raja serta menceritakan seluruh kejadian yang terjadi Huta Balige Raja, mendengar penjelasan keponakannya yakni Tuan Sihubil hatinyapun miris, namun karena janjinya “Tidak akan mau melihat asap dapur dari abangnya Sibagotnipohan” diapun dengan berat hati menolak ajakan Tuan Sihubil.
Berbagai cara dilakukan Tuan Sihubil untuk mengajak bapa udanya Silahisabungan, namun sedikit pun hati Silahisabungan tidak tergerak membuat Tuan Suhubil merasa putus asa dan ingin pulang dengan tangan hampa.
Namun kembali terbayang derita yang dialami seluruh penghuni kampungnya dan wajah ayahnya Sibagotnipohan yang sudah mulai tua hingga dia tetap bertahan di Tolping dan berusaha membujuk Silahisabungan.
Sebagai seorang panglima yg ditugaskan yang tentu sudah berpengalaman, Tuan Sihubilpun tidak habis akal, dia berpikir kekerasan hati Silahisabungan sepertinya tidak dapat diluluhkan dengan cara bujukan, berarti harus dilakukan dengan paksa yakni dengan cara menculik cucunya anak dari Silalahi Raja yang kebetulan sedang marmahan (mengembala).
Missipun segera dilakukan dan menangkap ke tiga anak dari Silalahi Raja yakni Raja Tolping, Bursok Raja dan Raja bunga-bunga yg paling kecil.
Si Raja Tolping yg paling besar meronta dan berhasil melarikan diri, begitu juga Si Bursok Raja terus meronta disepanjang perjalanan hingga membuat solu yang dikendarai Tuan Sihubil tidak stabil hingga diputuskan untuk dilepas saat melewati Tano Ponggol Pangururan.
Tinggal Rajabunga-bunga yg paling kecil akhirnya dibawa Tuan Sihubil hingga ke Balige Raja.
Mendengar cucunya diculik oleh Tuan Sihubil, Silahisabunganpun geram dan segera mengajak anaknya Silalahi Raja untuk mengayuh solunya mengejar Tuan Sihubil
Namun selang waktu yang begitu jauh membuat Tuan Sihubil lebih dulu tiba di Balige Raja dan membawa Raja Bunga-bunga ke hadapan ayahnya Sibagotnipohan.
Sibagotnipohanpun heran melihat anak tersebut dan menanyakan anak siapa ini,
Tuan Sihubil segera menceritakan semuanya dan tentang penolakan Silahisabungan untuk datang ke Balige Raja hingga berinisiatif menculik cucunya untuk memancing kedatangannya.
Belum sempat memberikan sanggahan tiba-tiba langit mendung dan guruh menggelegar serta halilintar sambar-menyambar dan hujanpun segera turun dengan lebat, melihat situasi itu Sibagotnipohan sudah tau bahwa Silahisabungan sudah tiba di Balige Raja

Singkat cerita Silahisabunganpun meminta pertanggung jawaban atas ulah Tuan Sihubil yang menculik cucunya yang tidak tau asal muasal pertentangan diantara mereka, namun dengan permohonan maaf dari Sibagotnipohan dan bujukan dari Sipaettua dan Siraja oloan hatinyapun terobati.
Dengan kehadiran adek-adeknya hingga hujanpun turun di Balige Raja Sibagotnipohanpun mengadakan pesta besar dan mengundang seluruh penghuni kampung untuk merayakan kejadian itu.
Mengingat suasana yg berbahagia itu dan untuk mengikat tali persaudaraan diantara mereka Tuan Sihubil yang sudah menculik Raja Bunga-bunga mengusulkan untuk mengangkatnya jadi anak dan menjadi adik dari Tampubolon anaknya, yang memang kalau dirunut dari silsilah mereka satu generasi.
Hal itupun disetujui kedua belah pihak dan dibuatlah padan diantara Raja Bunga-bunga Silalahi dengan Tampubolon yakni sisada lulu anak sisada lulu boru, Tampubolonlah Dahahang doli, Silalahilah Anggi doli kelak sampai selama-lamanya.
Tuan Sihubilpun memeluk Silalahi Raja dengan berkata anakmu sudah menjadi anakku yang berarti anakku juga menjadi anakmu hal itu juga menjadikan seluruh anak Silalahi Raja menjadi terikat padan oleh karena adiknya Si raja bunga-bunga.
Oleh karena Siraja Bunga-bunga silalahi sudah menjadi anak Tuan Sihubil dan mengingat sejarahnya diculik dari parmahanan maka Tuan Sihubil menyebutnya Raja bunga-bunga Silalahi Parmahan yang sekarang keturunannya berbonapasogit di Balige dan diberikan tanah warisan yang disebut Huta Silalahi sampai sekarang.

Demikianlah sampai saat ini Silalahi maupun Tampubolon mematuhi padan itu dan tidak pernah saling mengawini.

By : Biarjo Joseph Silalahi
Parpintusona

Sumber : Sejarah turun-temurun dari ompung di Samosir

9 komentar:

  1. Tidak Sistematis ya, Yang mengejar adalah Silahisabungan tiba-tiba muncul Silalahi Raja di situ, tiba2 bisa marpadan padahal masih kecil?
    Sekedar turi-turian boleh lah ya, untuk jadi tarombo masih perlu diperbaiki.

    BalasHapus
  2. cara membaca sdr yg tidak sistematis, dicatat disana silahisabungan mengajak anaknya Silalahi Raja, yg memadankan itu adalah orang tuanya, jadi silahkan membaca dgn nalar. Horas

    BalasHapus
  3. Salut dengan ceritanya.. perlu saya comment.. bahwa anak yg dibawa rombongan Tuan Sihubil yg spi ke Balige adalah Siraja Parmahan (kenapa dia disebut siraja parmahan? = krn dia diambil dr parmahanan). Dari argumen tsbt jelas sebutan marga Silalahi belumlah ada saat itu, karena tdk pernah saya baca "Siraja Parmahan Silalahi" cukup hanya Siraja Parmahan dengan penjelasan adalah keturunan dari Raja Silahisabungan. Kesimpulan : penyebutan Silalahi sbg marga baru muncul digenerasi keturunan dari Siraja Parmahan. Horas..

    BalasHapus
  4. Wah sejak Kapan Raja Parmahan bagian dari Silalahi Raja????? Mari Kita Lihat Saat Pesta Makam Raja Parmahan Di Silalahi Dolok Balige apakah Gomparan Silalahi Tolping dang Bursok Di Undang kesana? Memang dasar Silalahi Raja Tak Tau Malu bisanya hanya mengaku-ngaku saja.

    BalasHapus
  5. RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI.

    SILALAHI ADALAH NAMA DAN GELAR DARI SILAHI SABUNGAN. YANG MANA DIGUNAKAN SEBAGAI MARGA PERTAMA KALI OLEH SIRAJA BUNGA-BUNGA MENJADI SIRAJA PARMAHAN SILALAHI. DAN SIRAJA BUNGA-BUNGA LAH YANG PERTMA SEKALI MANUSIA BATAK YANG MEMPUNYAI MARGA DAN MARGANYA SILALAHI.

    RAJA BUNGA-BUNGA ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI NAMBORU KITA DEANG NAMORA. YANG MANA KETURUNANNYA DARI : SILAHI SABUNGAN - SONDIRAJA - RUMASONDI - SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN SILALAHI)

    RAJA PARMAHAN ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI SIBAGOTNIPOHAN DAN TUAN SIHUBIL, YANG MANA MENCERITAKAN KISAH PENCULIKAN RAJA BUNGA-BUNGA DARI PENGGEMBALAANNYA (PARMAHANAN).

    SILALAHI MERUPAKAN WUJUD NYATA NAMA KEMBALINYA SOSOK SILAHISABUNGAN (SILALAHI) DI TOBA SETELAH SEKIAN LAMANYA PERGI MENINGGALKAN HUTANYA DI TOBA KARENA ADA SUATAU KEJADIAN KURANG MENARIK DIANTARA ANAK-ANAK NAISUANON (1.SIBAGOTNI POHAN- 2.SIPAETTUA- 3.SILAHISABUNGAN- 4.SIRAJA OLOAN- 5.SIRAJA HUTALIMA*).

    KARENA RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI DIANGGAP SEBAGAI SOSOK SILAHISABUNGAN, MAKA NAMA ANAK-ANAKNYA (PINOMPAR) PUN MENYERUPAI NAMA ANAK-ANAK SILAHISABUNGAN, YAITU:

    1.SIHALOHO
    2.SINAGIRO
    3.SINABANG
    4.SINABUTAR

    SIRAJA BUNGA-BUNGA SANGAT DISAYANGI DI TOBA, KARENA DIANGGAP SEBAGAI PEMBAWA BERKAH SETELAH SEKIAN LAMANYA HUTA BALIGE RAJA DILANDA KESENGSARAAN (BENCANA) KEKERINGAN. MAKANYA RAJA BUNGA-BUNGA DIGELARI DENGAN RAJA PARMAHAN SILALAHI, RAJA PAREME, SI RAJA UDAN...
    HORAS....HORAS....HORAS.....

    BalasHapus
  6. KALAU DI ACARA ADAT, KETURUNAN BURSOK RAJA MEMANGGIL ABANG(HAHADOLI) KEPADA KET.TOLPING RAJA. SEPERTI BIARJO MEMANGGIL ABANG KEPADA SI TOTOK ATAU SIMARUATAS. TETAPI TAK SATUPUN DARI KET.RAJA PARMAHAN YANG MANGGIL ABANG SAMA YANG DUA ITU....
    KARENA RAJA PARMAHAN TIDAK PERNAH MERASA MARHULA2 KEPADA PARNA KHUSUNYA SIMBOLON.
    1.JIKALAU TOLPING MARULAON SELALU MEMANGGIL ANGGIDOLI KPD BURSOK DAN SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    2.JIKALAU BURSOK MARULAON SELALU MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN ANGGI DOLI KEPADA SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    3.TETAPI JIKALAU KET.SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN)MARULAON "TIDAK PERNAH" MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN BURSOK, DAN TIDAK PERNAH MEMANGGIL YANG DUA POMPARAN ITU..

    BIG QUESTIONS:
    - APA HUBUNGAN BURSOK DENGAN TOLPING (TANYA KEPADA DUA KETURUNAN YANG BERSANGKUTAN)
    - APA DASAR TOLPING MENJADI PAHPPU PANGGOARAN OP.RAJA SILAHISABUNGAN
    - SIAPA ISTRI SILAHI RAJA
    - SILAHI RAJA ATAU SILALAHI RAJA
    - SIAPA HULA2 TOLPING DAN BURSOK????
    - POSISI BIUS KETURUNAN TOLPING DAN BURSOK DI SAMOSIR
    - DIMANAKAH SILAHI RAJA/SILALAHI RAJA MARHUTA??? (TOLPING ATAU SAMOSIR) DAN DIMANA KETIGA ANAKNYA (MNRUT CERITA PARSAMOSIR) TINGGAL?????





    PESTA TUGU DAN MAKAM TUAN SIHUBIL DI TOBA, MEMANGGIL DONGAN PADAN NYA. YANG DATANG BUKAN KET.SILALAHI RAJA (TOLPING DAN BURSOK) MELAINKAN KET.RAJA PARMAHAN (SONDI RAJA)

    BEGITU JUGA PESTA TUGU DAN MAKAM RAJA BUNGA-BUNGA (RAJA PARMAHAN SILALAHI), TIDAK MEMANGGIL KET.TOLPING DAN BURSOK. WHAT'S UP....???

    DARI SINI SUDAH JELAS!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  7. Jonnedi Haloho29 Maret 2012 07.39

    hahaha namalo ma ho anngia riko, apala toho ma nanidok mi

    BalasHapus
  8. Horas ampara, saya marga Silalahi dari Huta Tinggi.
    Kalau tidak keberatan minta no hp nya, ada yg mau saya diskusikan.

    Mauliate

    Hotman Silalahi
    Bandung
    cell no. 081318960506

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boi do marsipatakkasan... Molo coment ngamarcappur sogo ni roha sae nasega do ujungna. Alai molo pangidoan ku ba denggan ma jo ra hita rap memeriksa ruang dohot waktu ni sejarah i dohot pikkiran na denggan jala roha naserep. Molo mardongan emosi dohot doktrin na taboan dibagasan diritta do taboan di turi2an on, sai marsiboan tikkos na do. Alai mungkin molo denggan jala adong roha naeng padenggatton sai na jadi do i. Molo nungnga dibagas roha maringan sogo dohot sikap nanaeng na didok tai toho... Sai ro di ujung ni potibion pe hurasa ndang naboi be jumpang hasadaan.
      Horas ma di hita.
      Jewelry Pargaulan Silalahi Tolping

      Hapus