Rabu, 04 November 2009

TERJADINYA PADAN SILALAHI DENGAN TAMPUBOLON

Kemarau panjang di huta Balige Raja sudah diambang batas hingga membuat rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi kering dan ternakpun banyak yang mati, hal itu sangat meresahkan Sibagot nipohan yang menjadi pewaris tahta dari Tuan Sorbadibanua.
Mengingat sepanjang pemerintahan ayahnya Tuan Sorbanibanua, hal ini belum pernah terjadi hingga membuatnya cemas dan bertanya kepada orang pintar.
Singkat cerita setelah di lakukan ritual kepada Mulajadi Nabolon, tirai misteripun terungkap bahwa semua itu terjadi karena ulah Sibagot nipohan yang membuat kesalahan hingga adek-adeknya Sipaettua , Silahisabungan dan Sirajaoloan sakit hati hingga pergi meninggalkan huta Balige Raja.
Adapun satu-satunya syarat agar kemarau panjang bisa berakhir menurut petunjuk orang pintar tersebut, Sibagot nipohan harus mengumpulkan adek-adeknya untuk minta maaf dan berdamai.
Hal itupun tidak disia-siakan Sibagotnipohan dan segera menyuruh anaknya Tuan Sihubil dan ditemani pengawalnya.
Huta Laguboti menjadi persinggahan pertama mereka utk menemui Sipaettua, setelah Tuan sihubil menceritakan keadaan di Balige Raja Sipaettuapun bersedih dan menyanggupi untuk datang segera. Selanjutnya Tuan Sihubil berangkat ke Bakkara menemui Sirajaoloan dan menceritakan kejadian yang menyedihkan itu hingga Siraja oloanpun siap untuk datang sesuai dengan hari yang ditetapkan.
Perjalanan jauhpun terbentang dihadapan Tuan Sihubil untuk menuju Huta Tolping Samosir tempat tinggal Silahisabungan yang belum tentu juga ada disitu, karena Silahisabungan sering mardua huta ke Paropo tempat istri ke duanya dan ke huta lain untuk mengobati.
Namun hari yang baik juga yang menyertai Tuan Sihubil hingga mereka bertemu di Tolping dan menyampaikan pesan ayahnya untuk datang ke huta Balige Raja serta menceritakan seluruh kejadian yang terjadi Huta Balige Raja, mendengar penjelasan keponakannya yakni Tuan Sihubil hatinyapun miris, namun karena janjinya “Tidak akan mau melihat asap dapur dari abangnya Sibagotnipohan” diapun dengan berat hati menolak ajakan Tuan Sihubil.
Berbagai cara dilakukan Tuan Sihubil untuk mengajak bapa udanya Silahisabungan, namun sedikit pun hati Silahisabungan tidak tergerak membuat Tuan Suhubil merasa putus asa dan ingin pulang dengan tangan hampa.
Namun kembali terbayang derita yang dialami seluruh penghuni kampungnya dan wajah ayahnya Sibagotnipohan yang sudah mulai tua hingga dia tetap bertahan di Tolping dan berusaha membujuk Silahisabungan.
Sebagai seorang panglima yg ditugaskan yang tentu sudah berpengalaman, Tuan Sihubilpun tidak habis akal, dia berpikir kekerasan hati Silahisabungan sepertinya tidak dapat diluluhkan dengan cara bujukan, berarti harus dilakukan dengan paksa yakni dengan cara menculik cucunya anak dari Silalahi Raja yang kebetulan sedang marmahan (mengembala).
Missipun segera dilakukan dan menangkap ke tiga anak dari Silalahi Raja yakni Raja Tolping, Bursok Raja dan Raja bunga-bunga yg paling kecil.
Si Raja Tolping yg paling besar meronta dan berhasil melarikan diri, begitu juga Si Bursok Raja terus meronta disepanjang perjalanan hingga membuat solu yang dikendarai Tuan Sihubil tidak stabil hingga diputuskan untuk dilepas saat melewati Tano Ponggol Pangururan.
Tinggal Rajabunga-bunga yg paling kecil akhirnya dibawa Tuan Sihubil hingga ke Balige Raja.
Mendengar cucunya diculik oleh Tuan Sihubil, Silahisabunganpun geram dan segera mengajak anaknya Silalahi Raja untuk mengayuh solunya mengejar Tuan Sihubil
Namun selang waktu yang begitu jauh membuat Tuan Sihubil lebih dulu tiba di Balige Raja dan membawa Raja Bunga-bunga ke hadapan ayahnya Sibagotnipohan.
Sibagotnipohanpun heran melihat anak tersebut dan menanyakan anak siapa ini,
Tuan Sihubil segera menceritakan semuanya dan tentang penolakan Silahisabungan untuk datang ke Balige Raja hingga berinisiatif menculik cucunya untuk memancing kedatangannya.
Belum sempat memberikan sanggahan tiba-tiba langit mendung dan guruh menggelegar serta halilintar sambar-menyambar dan hujanpun segera turun dengan lebat, melihat situasi itu Sibagotnipohan sudah tau bahwa Silahisabungan sudah tiba di Balige Raja

Singkat cerita Silahisabunganpun meminta pertanggung jawaban atas ulah Tuan Sihubil yang menculik cucunya yang tidak tau asal muasal pertentangan diantara mereka, namun dengan permohonan maaf dari Sibagotnipohan dan bujukan dari Sipaettua dan Siraja oloan hatinyapun terobati.
Dengan kehadiran adek-adeknya hingga hujanpun turun di Balige Raja Sibagotnipohanpun mengadakan pesta besar dan mengundang seluruh penghuni kampung untuk merayakan kejadian itu.
Mengingat suasana yg berbahagia itu dan untuk mengikat tali persaudaraan diantara mereka Tuan Sihubil yang sudah menculik Raja Bunga-bunga mengusulkan untuk mengangkatnya jadi anak dan menjadi adik dari Tampubolon anaknya, yang memang kalau dirunut dari silsilah mereka satu generasi.
Hal itupun disetujui kedua belah pihak dan dibuatlah padan diantara Raja Bunga-bunga Silalahi dengan Tampubolon yakni sisada lulu anak sisada lulu boru, Tampubolonlah Dahahang doli, Silalahilah Anggi doli kelak sampai selama-lamanya.
Tuan Sihubilpun memeluk Silalahi Raja dengan berkata anakmu sudah menjadi anakku yang berarti anakku juga menjadi anakmu hal itu juga menjadikan seluruh anak Silalahi Raja menjadi terikat padan oleh karena adiknya Si raja bunga-bunga.
Oleh karena Siraja Bunga-bunga silalahi sudah menjadi anak Tuan Sihubil dan mengingat sejarahnya diculik dari parmahanan maka Tuan Sihubil menyebutnya Raja bunga-bunga Silalahi Parmahan yang sekarang keturunannya berbonapasogit di Balige dan diberikan tanah warisan yang disebut Huta Silalahi sampai sekarang.

Demikianlah sampai saat ini Silalahi maupun Tampubolon mematuhi padan itu dan tidak pernah saling mengawini.

By : Biarjo Joseph Silalahi
Parpintusona

Sumber : Sejarah turun-temurun dari ompung di Samosir

81 komentar:

  1. Tidak Sistematis ya, Yang mengejar adalah Silahisabungan tiba-tiba muncul Silalahi Raja di situ, tiba2 bisa marpadan padahal masih kecil?
    Sekedar turi-turian boleh lah ya, untuk jadi tarombo masih perlu diperbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tdk paham membaca:
      1.yang datang ke Balige silahisabungan bersama anaknya Silalahi raja yang dijemput tuaan sihubil.
      Yang marpadan tuan sihubil dengan Silalahi raja

      Hapus
  2. cara membaca sdr yg tidak sistematis, dicatat disana silahisabungan mengajak anaknya Silalahi Raja, yg memadankan itu adalah orang tuanya, jadi silahkan membaca dgn nalar. Horas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya silalahi raja parmahan...


      Apakah Raja bunga-bunga itu adalah silalahi Raja Parmahan mAksudnya kah???@

      Hapus
    2. Saya silalahi raja parmahan...


      Apakah Raja bunga-bunga itu adalah silalahi Raja Parmahan mAksudnya kah???@

      Hapus
  3. Salut dengan ceritanya.. perlu saya comment.. bahwa anak yg dibawa rombongan Tuan Sihubil yg spi ke Balige adalah Siraja Parmahan (kenapa dia disebut siraja parmahan? = krn dia diambil dr parmahanan). Dari argumen tsbt jelas sebutan marga Silalahi belumlah ada saat itu, karena tdk pernah saya baca "Siraja Parmahan Silalahi" cukup hanya Siraja Parmahan dengan penjelasan adalah keturunan dari Raja Silahisabungan. Kesimpulan : penyebutan Silalahi sbg marga baru muncul digenerasi keturunan dari Siraja Parmahan. Horas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan bapak nya yang silalahi... si raja parmahan itu pahompu silahisabungan anak dari silalahi..

      Hapus
    2. Yang diambil itu keturunan raja silalahi... Barti jadi raja silalahi, karena diambil di parmahanan maka jadi silalahi raja parmahan...

      Hapus
  4. Wah sejak Kapan Raja Parmahan bagian dari Silalahi Raja????? Mari Kita Lihat Saat Pesta Makam Raja Parmahan Di Silalahi Dolok Balige apakah Gomparan Silalahi Tolping dang Bursok Di Undang kesana? Memang dasar Silalahi Raja Tak Tau Malu bisanya hanya mengaku-ngaku saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga Silalahi dari hinalang balige.. tepat nya Lumban tonga2. tidak boleh kau menghakimi saudara mu. Jadi jaga bahasa mu. itu lah akibat dari banyak nya istri opung kita.. siapa yg benar siapa yg salah.. yg benar kita tidak tau.. tetapi orang yg mengumpat atau menghakimi itu lah yg salah.. jawaban nya TUHAN ALLAH lah yg mengetahui nya. Semoga Kita yg satu darah dan keturunan jgn saling berbantah.. HORAS....

      Hapus
    2. Setuju... Salam damai salam persatuan...

      Hapus
  5. RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI.

    SILALAHI ADALAH NAMA DAN GELAR DARI SILAHI SABUNGAN. YANG MANA DIGUNAKAN SEBAGAI MARGA PERTAMA KALI OLEH SIRAJA BUNGA-BUNGA MENJADI SIRAJA PARMAHAN SILALAHI. DAN SIRAJA BUNGA-BUNGA LAH YANG PERTMA SEKALI MANUSIA BATAK YANG MEMPUNYAI MARGA DAN MARGANYA SILALAHI.

    RAJA BUNGA-BUNGA ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI NAMBORU KITA DEANG NAMORA. YANG MANA KETURUNANNYA DARI : SILAHI SABUNGAN - SONDIRAJA - RUMASONDI - SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN SILALAHI)

    RAJA PARMAHAN ADALAH NAMA PEMBERIAN DARI SIBAGOTNIPOHAN DAN TUAN SIHUBIL, YANG MANA MENCERITAKAN KISAH PENCULIKAN RAJA BUNGA-BUNGA DARI PENGGEMBALAANNYA (PARMAHANAN).

    SILALAHI MERUPAKAN WUJUD NYATA NAMA KEMBALINYA SOSOK SILAHISABUNGAN (SILALAHI) DI TOBA SETELAH SEKIAN LAMANYA PERGI MENINGGALKAN HUTANYA DI TOBA KARENA ADA SUATAU KEJADIAN KURANG MENARIK DIANTARA ANAK-ANAK NAISUANON (1.SIBAGOTNI POHAN- 2.SIPAETTUA- 3.SILAHISABUNGAN- 4.SIRAJA OLOAN- 5.SIRAJA HUTALIMA*).

    KARENA RAJA BUNGA-BUNGA GELAR RAJA PARMAHAN SILALAHI DIANGGAP SEBAGAI SOSOK SILAHISABUNGAN, MAKA NAMA ANAK-ANAKNYA (PINOMPAR) PUN MENYERUPAI NAMA ANAK-ANAK SILAHISABUNGAN, YAITU:

    1.SIHALOHO
    2.SINAGIRO
    3.SINABANG
    4.SINABUTAR

    SIRAJA BUNGA-BUNGA SANGAT DISAYANGI DI TOBA, KARENA DIANGGAP SEBAGAI PEMBAWA BERKAH SETELAH SEKIAN LAMANYA HUTA BALIGE RAJA DILANDA KESENGSARAAN (BENCANA) KEKERINGAN. MAKANYA RAJA BUNGA-BUNGA DIGELARI DENGAN RAJA PARMAHAN SILALAHI, RAJA PAREME, SI RAJA UDAN...
    HORAS....HORAS....HORAS.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini penjelasan yg sesuai dengan fakta kebenaran..salam kenal sihaloho

      Hapus
  6. KALAU DI ACARA ADAT, KETURUNAN BURSOK RAJA MEMANGGIL ABANG(HAHADOLI) KEPADA KET.TOLPING RAJA. SEPERTI BIARJO MEMANGGIL ABANG KEPADA SI TOTOK ATAU SIMARUATAS. TETAPI TAK SATUPUN DARI KET.RAJA PARMAHAN YANG MANGGIL ABANG SAMA YANG DUA ITU....
    KARENA RAJA PARMAHAN TIDAK PERNAH MERASA MARHULA2 KEPADA PARNA KHUSUNYA SIMBOLON.
    1.JIKALAU TOLPING MARULAON SELALU MEMANGGIL ANGGIDOLI KPD BURSOK DAN SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    2.JIKALAU BURSOK MARULAON SELALU MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN ANGGI DOLI KEPADA SIRAJA BUNGA2 (SIRAJA PARMAHAN)
    3.TETAPI JIKALAU KET.SIRAJA BUNGA2(SIRAJA PARMAHAN)MARULAON "TIDAK PERNAH" MEMANGGIL HAHADOLI KPD TOLPING DAN BURSOK, DAN TIDAK PERNAH MEMANGGIL YANG DUA POMPARAN ITU..

    BIG QUESTIONS:
    - APA HUBUNGAN BURSOK DENGAN TOLPING (TANYA KEPADA DUA KETURUNAN YANG BERSANGKUTAN)
    - APA DASAR TOLPING MENJADI PAHPPU PANGGOARAN OP.RAJA SILAHISABUNGAN
    - SIAPA ISTRI SILAHI RAJA
    - SILAHI RAJA ATAU SILALAHI RAJA
    - SIAPA HULA2 TOLPING DAN BURSOK????
    - POSISI BIUS KETURUNAN TOLPING DAN BURSOK DI SAMOSIR
    - DIMANAKAH SILAHI RAJA/SILALAHI RAJA MARHUTA??? (TOLPING ATAU SAMOSIR) DAN DIMANA KETIGA ANAKNYA (MNRUT CERITA PARSAMOSIR) TINGGAL?????





    PESTA TUGU DAN MAKAM TUAN SIHUBIL DI TOBA, MEMANGGIL DONGAN PADAN NYA. YANG DATANG BUKAN KET.SILALAHI RAJA (TOLPING DAN BURSOK) MELAINKAN KET.RAJA PARMAHAN (SONDI RAJA)

    BEGITU JUGA PESTA TUGU DAN MAKAM RAJA BUNGA-BUNGA (RAJA PARMAHAN SILALAHI), TIDAK MEMANGGIL KET.TOLPING DAN BURSOK. WHAT'S UP....???

    DARI SINI SUDAH JELAS!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  7. hahaha namalo ma ho anngia riko, apala toho ma nanidok mi

    BalasHapus
  8. Horas ampara, saya marga Silalahi dari Huta Tinggi.
    Kalau tidak keberatan minta no hp nya, ada yg mau saya diskusikan.

    Mauliate

    Hotman Silalahi
    Bandung
    cell no. 081318960506

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boi do marsipatakkasan... Molo coment ngamarcappur sogo ni roha sae nasega do ujungna. Alai molo pangidoan ku ba denggan ma jo ra hita rap memeriksa ruang dohot waktu ni sejarah i dohot pikkiran na denggan jala roha naserep. Molo mardongan emosi dohot doktrin na taboan dibagasan diritta do taboan di turi2an on, sai marsiboan tikkos na do. Alai mungkin molo denggan jala adong roha naeng padenggatton sai na jadi do i. Molo nungnga dibagas roha maringan sogo dohot sikap nanaeng na didok tai toho... Sai ro di ujung ni potibion pe hurasa ndang naboi be jumpang hasadaan.
      Horas ma di hita.
      Jewelry Pargaulan Silalahi Tolping

      Hapus
  9. lae mau tanya ini
    apakah tambunan juga marpadan dengan tampubolon??
    coba di comment ya lae\

    BalasHapus
  10. horass ampara
    salam kenal, nama saya alex tambunan
    ada yang saya hendak mau tanya kan berhubungan dengan artikel ini
    sitompul dan tampubolon marpadan dengan silalahi
    nah, apakah tambunan sebagai saudara/adik dari silalahi ini ikut menjadi padan dengan tampubolon dan sitompul???

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak Silalahi Raja nya yang dipadankan sama Tampubolon, Tambunan itu anggidoli Silalahi Raja , jadi Tambunan itu gak ikut ..
      jelasss????

      Hapus
    2. Santabi jolo di sude laekku.
      Jawaban lae erick Silalahi sdh betul.. Saya Tobing, istri saya boru Sipayung,, sepengetahuan saya, yg marpadan itu adalah Tampubolon dengan Silalahi Raja Bunga Bunga,bukan Raja Silahisabungan.. Tapi sekarang banyak orang beranggapan setiap pomparan Raja Silahisabungan marpadan dengan tampubolon (serta haha angginya). Apalagi setiap saya berkenalan dgn marga tampubolon/silaen/sitompul, mereka bilang mereka adalah hula hula saya kalau ditarik dari Silalahi, padahal tidak.. Yg hula hula saya
      adalah pomparan Raja silahisabungan,mulai dari Loho Raja Sampai Tambun Raja .. Jadi yg marhula hula sama tampubolon/silaen/sitompul adalah khusus yg mangalap Boru Silalahi aja, bukan semua yg mangalap Boru pinompar Silahisabungan.. Hira2 songoni ma jo.. Maaf bila ada yg kurang.. Horas..

      Hapus
    3. Hadeuh... Kalian itu ribet sana sini... Udah jelas mulanya sibagotnipohan dan silahisabungan abang adik.. Sihubil panggil silahisabungan bapa uda... Tanpa ada padan itu pun seharusnya sudah abang beradik dari awal dan seterusnya... Itulah kita batak... Beda dengan yang lainnya.... Padan itu dibuat untuk memperjelas dan memperkuat jangan sampai lupa atau hilang... Coba kalau tidak ada kejadian itu... Dan tidak ada padan itu... Keturunan sibagotnipohan dan silahisabungan akan lupa dan tidak sadar kalau sesungguhnya kita sudah abang beradik dari awal dan satu bapak mulanya.... Jelas" silahisabungan tidak akan pernah mau melihat dapur sibagotnipohan berasap... Itu kan awal atau mula dari pisah... Dan sebelum pisah kan memang satu tadinya...

      Hapus
    4. Padan ni anggina do padanni abangna dan sebaliknya

      Hapus
    5. Songoni do hape
      Wajib do hukum ni i?

      Hapus
  11. dalam hal laki2 dan perempuan, mama saya br tampubolon dan mama teman saya laki2, br sitompul, itu trmasuk marpadan jg ga min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya tampubolon dan sitompul
      Dongan tubu ya?
      Eda jadi mar ito la sama temen laki2 nya eda itu.
      Maaf klo salah ito2 q, mohon d koreksi. Mauliate

      Hapus
    2. Tampubolon, silaen, sitompul.

      Hapus
  12. Ahado hubngan silalahi doho simanullang dohot sihotang dohot boasa dang boi mangoli silalahi tu sihotang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alana adong do padan ni oppunta Silahisabungan dohot Oppunta Siraja Oloan, sisada anak sisada boru naso boi marsiolian pinomparna sahat tu sadarion..

      Hapus
    2. Horass ma di hamu aka ito salam sian batam.

      Hapus
  13. Horas dihuta sude na adong pungu dison.... Salam kenal ma dihita sude ahu sian Balige Pagar batu Balige jonok sian Sopo Surung pas ma hutai adong Museum Nih SiTB Silalahi... Unknown hub silalahi tuh simanullang dohot sihotang... Mungkin oppui silahisabungan kan abang adek dengan Raja Oloan bisa saja dari situ diambill... Secara pribadi aq selalu memanggil Bapa Uda kepada Manullang lain hal pribadi yang lain. Molo salah diajari da.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tohodo i ampara..Alana marpadan do Oppunta Silahisabungan dohot Oppunta Siraja Oloan..Naso jadi masibuatan pinomparna sahat tu sadarion..

      Hapus
  14. Sesuai Turiturian/Sejarah Tuan Sihubil pada saat menculik/manakko siraja bunga bunga Tuan Sihubil belum Punya Anak, bagai mana bisa anaknya sapalatua/Tampuk Nabolon marpadam dgn si Raja Bunga Bunga, Karena Tuan Sihubil Takut dimarahi Selahi Sabungan maka Tuan Sihubil tdk mengembalikan Raja bunga-bunga kehuta lahi, maka tuan sibubil yang mengasuh Raja Bunga dan kebetulan belum punya anaknya,
    Sesudah Siraja Bunga Bunga sdh Dewasa baru lahir anak Tuan Sihubil yaitu Sapala Tua/Tua Tampuk Nabolon barul dan Siraja Bunga bungan di Kawinkan dengan maen Tuan Sihubil sebelum dipajae siraja Bunga bunga tu Hinalang baru diadakan Padan
    Jadi Sejarah diatas adalah pembohong/Karangan palsu yg tdk ada pakta

    BalasHapus
  15. Sekedar konfirmasi dari penulis, mengenai Tano Ponggol. Disebutkan sampan Tuan Sihubil melewati Tano Ponggol. Apakah pada masa itu Tano Ponggol (maksudnya "terusan" yang ada disana)sudah ada? Setahu saya terusan itu ada ketika Belanda hadir di tanah Batak. Belanda yang berinisiatif membuat terusan dengan alasan tertentu. Artinya pada masa Tuan Sihubil dapat dipastikan belum ada terusan tersebut (istilah Tano Ponggol muncul kemudian). Pulau Samosir masih menyatu dengan daratan Sumatera.

    BalasHapus
  16. Klo manullang sama silalahi padan ya ?

    BalasHapus
  17. Manukkun jo lae
    Jadi sabotul na tambunan dohot silaen marpadan do?

    BalasHapus
  18. Horas di Huta sude saya marga Tampubolon mau nanya kalau Tambunan manggil marga Tampubolon itu mereka manggilnya apa yak? Mauliate

    BalasHapus
  19. Horas di Huta sude saya marga Tampubolon mau nanya kalau Tambunan manggil marga Tampubolon itu mereka manggilnya apa yak? Mauliate

    BalasHapus
  20. Molo marga TAmpu bolon,manjohu haha do nuaeng tu marga sihaloho,dan marga situkkir,.maaf

    BalasHapus
  21. manukkun majo au akka dongan

    hubunganni siraja oloan dht silalahi sabungan
    mauliate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggi ni Silahisabungan ma Siraja Oloan, jala marpadan do oppunta na dua on nasojadi marsibuatan sahat ro di pinomparna

      Hapus
  22. Mohon kepada seluruh saudara2ku...kalau boleh sy berpendapat pada rubrik ini setelah saya baca satu persatu. Saran sy utk menghindari pertikaian hanya gara2 mempertahankan pendapat tentang sejarah marga batak, sebaiknya kita saling menghargai perbedaan pendapat msg2. Karena sejujurnya pelaku sejarah marga sekarang ini sudah tdk ada lagi yg hidup yg bisa kita jadikan SAKSI atas Keberadaan marga...semua pendapat tsb diatas pastinya kita terima secara turun temurun dari para pendahulu masing2. Sedang yg bisa memastikan mana yg BENAR sy kira tdk ada lagi yg hidup skrg....jd mari kita bangun kerukunan dan kekerabatan dengan hati yg bersih dan ikhlas guna tercipta rasa persaudaraan yg kuat dan kokoh jauh dari sifat HOTEL....HOSOM TEAL ELAT LATE. Maaf bukan maksud menggurui hanya saran dan berharap Batak lebih baik kedepan, serta NKRI semakin kuat....Horas ma dihita Saluhutna.

    BalasHapus
  23. Balasan
    1. Mau bertanya apakah Tambunan dengan Tampubolon bisa menikah??

      Hapus
    2. Tidak ada yg larang dari zaman dulu.Boleh saja.Yg tdk bisa boru silahisabungan

      Hapus
    3. Tidak ada yg larang dari zaman dulu.Boleh saja.Yg tdk bisa boru silahisabungan

      Hapus
    4. Tidak ada yg larang dari zaman dulu.Boleh saja.Yg tdk bisa boru silahisabungan

      Hapus
  24. Manukkun jo tu akka haha, anggi, iboto,
    molo hubungan ni silahi sabungan dohot sirajaoloan adong do??


    mohin penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manukun jo tulang, bolo adong doli2 marga manurung omak na br.tampubolon manjou aha do tu marga silalahi

      Hapus
  25. Manukkun jo bapa, tulang,amang boru
    Sinurat dohot silaen boi do marsibuatan ?

    BalasHapus
  26. Marpanukkunan majo au bapatua bapa uda
    Aha do hubunganta silalahi tu marga manullang.

    BalasHapus
  27. Horas semua saya mau tanya kalau silaen sama haloho bisa kah ?

    BalasHapus
  28. Horas semua saya mau tanya kalau doloksaribu dengan br tampubolon bisakah menikah?

    BalasHapus
  29. Kalau sy baca2 coment ini, sy bertrimksh k.pda keturunan oppung Silalahi Paramahan. Yg tau cerita sbnr nya Krn yg buat biarjo ini dia aja ragu2 apakah di Pangururan atau paropo. Pdhl dr sejarah SN oppung itu TDK prnh kepangururan di buktikan TDK ad peninggalan dan sngt jls pesta Silalahi Paramahan TDK pernah di sebut Silalahi Raja maupun tolping dan bursok. Bahkan nam2 keturunan oppung Silalahi Paramahan mengikut nm2 oppung y yg di SN cth. Sinabang dr Sidebang Sinabutar dr Sidabutar Sinaloho dr Sihaloho. Asa ttp di ingot MK nya di buat lh kemiripan nama .....

    BalasHapus
  30. Horas bapatua,bapauda,amangboru,abang, ampara,dohot sude akka dongan tubu. Au fernando Sipayung sian bengkulu.omak br.sagala. huta ni bapa Ds.huta gur -gur, janji matogu sianjur mula-mula. kec.pangururan Kab.Tobasa.Rap MA hita marsintadaan. Mauliate

    BalasHapus
  31. Lae ada nih boru tampubolon terus saya marga tambunan apa bisa?

    BalasHapus
  32. Apakah marga dolok saribu bisa menikah dengan botu silaen?sattabi

    BalasHapus
  33. satabi ma hu hita ganup boi do haloho dohot silaen ? mauliate

    BalasHapus
  34. Kan kata nya manullang sama silalahi pintu batu itu padan, sedangkan opung aja udah beda. Seandainya kalau keluarga nya memberikan izin kepada dua belah pihak pasangan apa itu salah atau sah sah saja? Soalnya sudah banyak sirajaoloan mengambil silalahi contoh nya saja sijudika dengan siduma
    Mohon di jawab bagi yang mengerti ����

    BalasHapus
  35. saya ingin bertanya apakah marga tambunan masih termasuk pandan

    BalasHapus
  36. Sitanggang dohot simbolon mangalap boru naibaho generasi ke 13 . Hape silalahi raja mengaku generasi ke 6 , mungkin do boi kawin beda generasi?
    Coba dipertimbangkan asa adong hadomuan ni tarombo ni Simbolon dohot tarombo silalahi raja.

    BalasHapus
  37. Ketahui dulu.siapa2 pinompar(keturuna)sibagotnipohan dan siapa2 pinompar(keturunan)silahisabungan.sampai ke generasi sekarang.alangkah bagusnya semua pinompar dr sibagotnipohan dan silahisabungan.tidak menikah.(marsibuatan)itu lebih bagus.karena sebelum terjadi padan.sibagotnipohan dan silahisabungan adalah saudara...kita sebgai generasi penerus.cukup untuk memelihara.melestarikan dan meneruskan marwah dr opungta sijolo2 tubu.

    BalasHapus
  38. Kalau tampubolon menikahi putri dari boru silalahi, boleh tidak?

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Selamat malam semuanya
    Marpanukkun majo AU br Tampubolon,
    Adong do hubungan ni Tampubolon dht marga sipayung ??

    Boe do marga sipayung dht br Tampubolon marhasohotan ???

    BalasHapus
  41. Apakah Sembiring/Tambunan boleh menikah dengan Tampubolon? Karena yang padan Silalahi dan Tampubolon

    BalasHapus
  42. Masih banyak silalahi raja bunga bunga yang tidak tau darimana raja bunga bunga di culik tuan sihubil....ada mereka yang bilang dari paropo.dalam logika saya bagaimana mungkin dari paropo di culik, sementara silalahi yang mengaku dari paropo(silalahi parmahan) itu mereka adalah garis keturunan dari sondiraja, bukan anak nya si boru batang hari,

    BalasHapus