Rabu, 21 Mei 2008

KEBERADAAN MANURUNG DENGAN RAJA TAMBUN

Nairasaon (Rj Mangarerak ) punya anak
1. Mardopang
2. Mangatur
3. br meleng-eleng (Istri Silahi Sabungan)

Silahi Sabungan kawin dengan Milingiling br Mangarerak (bukan br Manurung. Red) melahirkan :
Raja Tambun.

Kenapa Manurung yang lebih dekat dengan keturunan Silahi Sabungan? Padahal br Meleng-eleng adalah ito dari Raja Mardopang dan Raja Mangatur?
Karna Anak dari Silahi Sabungan yakni Raja Tambun kawin dengan boruni Raja Mangatur yang memper anakkan Manurung dan itonya Manurung.
Dan bukan kawin dengan anak dari Raja Mardopang yang memperanakkan : Sitorus, Sirait Butar-butar.

Kesimpulan
1. Istri dari Silahi Sabungan adalah Milingiling br Mangarerak
2. Raja Tambun adalah bere dari Raja Mardopang dan Raja Mangatur
3. Kenapa Turunan Silahi Sabungan khususnya Raja Tambun lebih dekat dengan Manurung? Karna istri dari Raja Tambun adalah itoni Manurung dan begitu juga generasi berulang ulang hingga kekerabatan turunan Raja Tambun dan Manurung sangat dekat.


Dari berbagai Sumber.


By: Biarjo Silalahi

87 komentar:

  1. Jadi klo mama sya boru manroe gk bsa dong ngambil boru tambun Bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa lah kalau bisa setidaknya lae itu ngambil pasangan yg semarga dgn mama lae

      Hapus
    2. Kenapa ngak bisa? Abg ku calon nya br. Tambunan mama ku manurung

      Hapus
    3. Saya tubu ni boru Manurung bisa kah ngambil boru ni boru si lalahi

      Hapus
    4. Klo marga Manurung ke Boru Silalahi..g bisa...tpi klo marga Silalahi ..ke Boru Manurung bisa

      Hapus
  2. Jadi kalau saya marga manurung ngambil boru silalahi boleh gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa, jadi marito. Karna yg bisa itu boru manurung sm marga silalahi bukan marga manurung ke boru silalahi

      Hapus
    2. Gak boleh nanti pacar lae itu bere lae kecuali marga silalahi sabungan ngambil boru manurung baru bisa itu namanya marpariban.

      Hapus
    3. Kalau tadi pacarnya Lae Tambunan terus Lae Manurung itu bisa asalkan bukan boru tambunan yang melamar

      Hapus
    4. Berarti marga manurung bisa sama boru tambunan???

      Hapus
  3. Ini saya boru Silalahi tp saya sudah merid dgn marga Manurung
    Apakah kmi salah
    Tolong di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Klau saya kebalikan nya to, saya marga Silalahi istri saya Boru manurung

      Hapus
    3. Ya salah lah bere karena pasangan bere itu tulang bere kecuali marga silalahi ngambil br manurung itu baru marpariban.

      Hapus
    4. Salah tu ito, karna itu adalah tulang mu

      Hapus
    5. Waduh..g bisa ito...klo marga Silalahi ..ke Boru manurung baru bisa....masa mama SMA bapa ito g ngrti si ito ...salam knl dari marga Manurung simananori

      Hapus
    6. G bisa. Arus boru manurung sma marga silalahi baru bisa.

      Hapus
    7. Kalau marga Manurung ke Boru Tambunan bisa GK Lae?

      Hapus
  4. Izin bertanya sedikit.
    Kalu saya marga Manurung. Apakah Saya bisa menikahi botu Tambunan?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. manurung gak boleh menikahi tambunan.

      Hapus
    2. Gak boleh bang. Yg boleh itu marga tambunan sama boru manurung

      Hapus
    3. Gak bisa lae karena pacar lae itu bere lae

      Hapus
    4. Gak bisa lae karena pacar lae itu bere lae

      Hapus
    5. Gak bisa lae karena pacar lae itu bere lae

      Hapus
    6. Saya marga Manurung bisa kah dgn boru Hutajulu ( mamanya Tambunan)?

      Hapus
    7. Ini bisa. Krna yg martulang tuh manurung itu adalah tambunan. Bkn silalahi. Silalahi itu hanya mengikuti, & bisa jg ngk harus manggil tulang ke manurung jg gpp

      Hapus
    8. Jadi kalau Marga Tambunan bisa nya sama Boru Manurung?

      Hapus
  5. Kalau saya marga Manurung, apakah saya bisa menikahi boru Tambunan?

    BalasHapus
  6. marga manurung dilarang menikahi boru Silalahi & Boru Tambunan ( boru Tambun )klo sudah terlanjur ya...tidak apa2...tp untuk yang belum mohon jangan sampai terjadi...apabila masih bingung mohon bertanya dengan keluarga besar manurung supaya diberikan penjelasan agar mengerti dan jelas...horas...Prendy MAnurung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari cerita tarombo di atas sudah diitekankan bahwa yang paling sedarah adalah ke raja Tambun. Raja Tambun itu anak bungsu dari Raja silahi sabungan. Dan kesimpulan nya, marga manurung lebih dekat memanggil bere kepada tambunan. Kalau ke silalahi, hanya mngikuti dari Raja Tambun aja. Karna Tambun (Tambunan) adalah adek dari Silalahi. Keturunan paling atas, boru manurung nikah dengan Raja Tambun. Tapi dikarenakan Raja Tambun dan silalahi masuk ke dalam bagan Raja silahi sabungan, maknya marga silalahi jadi masuk ke dalam bere manurung. Termasuk marga sihaloho, nadapdap, sinurat, sipayung, dll.


      Untuk marga manurung lebih baik TIDAK menikahi boru Tambunan, karena ikatan bere dan Tulang. Tetapi sebalikmya kalau boru manurung menikahi Marga Tambunan alangkah lebih baik karena MarPariban.

      Marga Manurung ke Silalahi, sah sah saja. Karena Silalahi hanyalah m3ngikuti bagan dari Marga Tambunan. Dan sejauh ini tolong tunjukkan ke saya, sisi DILARANG nya marga manurung ke Boru silalahi nikah dari segi apa?

      Hapus
    2. Jadi.. Kalau saya boru silalahi sah sah saja menikah dengan marga manurung, kak? Terimakasih

      Hapus
    3. Jadi,kalau manurung ke br.silalahi sah"saja? Itu ga ada akibat dari keturunan nanti bg?

      Hapus
    4. Horas juga...salam knl dari Manurung simanroni

      Hapus
    5. Terimakasih informasi nya

      Hapus
  7. kalau saya marga silalahi mengambil boru manurung bisa kah?

    BalasHapus
  8. hubungannya manurung ke silalahi itu apa ya

    BalasHapus
  9. Kalo saya Silalahi menikah dengan cewek tapi mamak nya Boru manurung bisa gak lae

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tidak bisa. Karena orang Tua perempuan dari calon lae itu adalah pariban bapak lae (silalahi-br. Manurung).. Dikarenakan mama nya cwe lae adalah pariban bapak lae, jdi cwe lae tdi itu adalah ito lae. Sama halnya lae memanggil mama si cwe itu dengan sebutan tante. Di orang batak, kalau boru atau anak dari Tante kita adalah ito dan abng atau adek kita sndiri. Mauliate

      Hapus
    2. Kalau kebalikannya gimana bg
      Aku Manurung dengan cewek yang mamak nya Boru Silalahi?

      Hapus
    3. Ini jg bisa. Tidak ada hubungannya mama si cwek boru manurung. Jgn ambil dari mamanya. Ambil dari marga bapaknya.

      Hapus
  10. Kalo manurung ke boru situngkir bisa tidak lae??

    BalasHapus
  11. Kalau saya br.tambunan menikah dengan marga sirait mamak nya br.manurung bisa tidak???????

    BalasHapus
  12. Saya mau tanya kalo saya Manurung nikah dengan Napitupulu tapi mamah nya Boru Tambunan itu bisa atau engga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa lah lae karena nantinya pacar lae itu manggil tulang sama lae

      Hapus
  13. Saya mau tanya lae saya tampubolon tama saya br.tambunan nah calon saya ini br.manurung bisa nikah gak?

    BalasHapus
  14. Saya marga Silalahi tapi menikah dengan Boru manurung

    BalasHapus
  15. Saya mau nanya kalok tambunan nikah sama sitorus boleh gak?

    BalasHapus
  16. Klo mama saya boru tambun, nah mama siboru, boru sihaloho blh kahh?

    BalasHapus
  17. jadi klau saya
    saya boru silalahi cowo saya sitorus opung kmi dari bapa sma2 aruan trus opung dari mama juga sma2 boru pardede
    jadi pertayaan y saya bisa tidak saya menikah dengan marga torus

    BalasHapus
  18. Kalau misalnya sinurat sama dengan keturunan marga silalahi parmahan berarti harus manggil apa?

    BalasHapus
  19. Jadi kalo saya marga sipayung menikahi boru manurung bisa kan?

    BalasHapus
  20. Kalau saya Sihaloho menikahi Boru manurung bisa kah?
    Tolong di respon

    BalasHapus
  21. Kalau saya Sihaloho menikahi Boru Sirait bisakah?

    BalasHapus
  22. Kalo saya manurung menikahi boru sihaloho apakah bisa?

    BalasHapus
  23. Klo aku anak dari boru tambunan, jdi manggil apa aku sama marga manurung, sama boru manurung? Pliss jawab dlu, ga tau aku tuh, aku tinggal di sibolga daerah pesisir, jdi mna tau jumpa sma marga/boru manurung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sama laki laki marga manurung manggil tulang lah bere kan tambunan itu bere nya manurung dan kalau bere manggil ama br manurung itu manggil eda

      Hapus
  24. Kalo mamak ku Boru Silalahi dan pacar ku Boru Tambunan, boleh nggak?

    BalasHapus
  25. Mau nanya dong. Cowoku marga Silalahi dan aku Boru Lubis tapi mamak ku Boru Silalahi juga. Itu boleh nggak? Makasih

    BalasHapus
  26. Mama ku br. Manurung calon istrinya tambunan gimana itu? Kami marga parna

    BalasHapus
  27. Mama ku br. Manurung calon istri abgku br. Tambunan gimana itu?

    BalasHapus
  28. kalo mama saya Boru Tambun bisakah anak saya menikah dengan dengan marga Manurung?

    BalasHapus
  29. kalau marga sihaloho dengan boru manurung?

    BalasHapus
  30. Saya mau tanya. kalau saya Boru Simanjuntak, mama saya Boru pintu batu, dan saya mau menikah dengan marga manurung bisa?

    BalasHapus
  31. Bang, mau nanya...
    Ada boru Tambunan nikah sama marga siagian, Borunya boru Tambunan Bisa nikah gak sama Marga Manurung? Berarti Boru siagian (Borunya Boru Tambunan) nikah sama Marga Manurung, bisa gak menikah?

    BalasHapus
  32. Mau nanya kalau marga Tambunan nikah sm br Manurung bisa gk?:'jwb dl hihi

    BalasHapus
  33. Bang mau nanya, kalau tubuni boru tambunan bisa nggak nikah ke marga manurung?
    Terimakasih bang

    BalasHapus
  34. Bang mau nanya
    Kalau saya Manurung menikah dengan cewek yg mamak nya Boru Silalahi bisa gk bg?

    BalasHapus
  35. Bisa kah marga Manurung ke Boru tambunan

    BalasHapus
  36. Ijin bertanya, saya marga tambunan pacar saya boru batubara tapi mama nya boru manurung apakah itu bisa?
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  37. Jika boru silalahi menikah dgn marga tambunan apakah itu bisa?

    BalasHapus
  38. Kalau Sihaloho sama Tampubolon bisa ga

    BalasHapus
  39. Jadi manggil apa manurung sama marga tambunan

    BalasHapus
  40. Kalau aku Boru Manurung nikah dengan marga Sihombing yang merupakan anak Boru Tambunan apakah bisa bang?

    BalasHapus
  41. Saya kan marga tambunan dan mau pacaran sama br manurung bisa ngak

    BalasHapus
  42. ijin bertanya,aku marga manurung mau menikah dengan boru sihombing tetap mama nya marga silalahi.tetapi mama aku boru sianipar apakah bisa?

    BalasHapus
  43. haloo, saya boru siagian, mama saya tambunan. jadi boleh kah menikah dengan marga manurung?

    BalasHapus