Rabu, 21 Mei 2008

KEBERADAAN SIMBOLON DENGAN SILALAHI

Tuan Sorbadijulu adalah anak Tuan Sori Mangaraja. Sewaktu kecil Tuan Sorbadijulu dinamai Ambaton, setelah dewasa dinamakan Tuan Sorbadijulu (berkuasa di Pangururan), karena ke hebatnnya disebut juga datu Ronggur setelah beranak cucu dinamai Ompu Bolon.
Tuan Sorbadijulu yang disebut juga Ompu Bolon memiliki 4 anak dan 1 putri :
1. Simbolon Tua
2. Tamba Tua
3. Saragi Tua
4. Munte Tua
5. Pintahaomasan boru baso Bolon (istri Silahi Sabungan)

Jadi yang menjadi istri dari Silahi sabungan adalah boru dari Tuan Sorbadijulu.ito dari Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua dan Munte Tua.

Setelah Tuan Sorbadijulu meninggal dunia sudah menjadi adat anak pertamalah yang punya Huta (pewaris) yang bernama Simbolon Tua yang bergelar Raja Nabolon dan melanjutkan tradisi Tuan Sorbadijulu menjadi penguasa di Pangururan.

Didalam istilah batak jika Ayahnya meninggal adalah anak pertama yang kehilangan Ayah, tapi anak kedua dan adik-adiknya tidak kehilangan ayah karena ada abangnya yang menjadi pengganti ayah mereka.
Kenapa marga Simbolon yang paling mengingat Pintahaomasan sebagai Namboru-nya, karena Simbolon Tua adalah yang paling tua dan melanjutkan tradisi ayahnya (Tuan Sorbadijulu) sebagai penguasa Pangururan. Secara psikologis, anak tertua (siakkangan) bisa dijadikan / dianggap seperti ayah / pengganti ayah jika ayah kandung telah tiada (meninggal dunia). Jadi, Simbolon Tua secara psikologis seperti ayah bagi Pintahaomasan boru baso Bolon.
Dikuatkan lagi karna itonya juga Tamba Tua dan Saragi Tua akan pergi dari Pangururan karna ada konflik diantara mereka.
Itulah yang membuat kenapa Simbolon Tua lebih dekat dgn Pintahaomasan dan keturunannya dari pada itonya Tamba Tua dan Saragi Tua.

Simbolon Tua (Raja Nabolon) menjadi Penguasa di Pangururan dan memiliki anak 2 laki-laki dan beberapa Perempuan.

1. Tuan Suri Raja
2. Martua Raja
3. boru Simbolon Tua (istri Silahi Raja)

Silahi Sabungan dgn Pintahaomasan boru baso bolon tinggal di Tolping dan memiliki 1 anak laki-laki
1. Silahi Raja (Silalahi)
Untuk mempererat tali persaudaraan dengan itonya Simbolon Tua, Pintahaomasan mengawinkan anaknya Silahi Raja (Silalahi) dengan paribannya yang bernama boru Simbolon Tua dan di bawa ke Tolping, oleh karena itu hubungan Silalahi semakin erat dengan tulangnya Simbolon tua.
Dengan berjalannya waktu Silahi Raja dengan boru Simbolon Tua dikaruniai anak 3 laki-laki
1. Siraja Tolping
2. Bursok Raja
3. Raja Bunga-bunga

Begitu juga Suri Raja memiliki 4 anak dan Martua raja memiliki 3 anak semuanya tetap memakai marga Simbolon termasuk adek-adeknya perempuan.
Siraja Tolping kembali kawin dengan boru tulangnya dari marga Simbolon dan dibawa ke Tolping, begitu juga Bursok Raja tetap kawin dengan boru Simbolon, namun karna anak pertama yakni Siraja Tolping yang memiliki Huta, akhirnya Bursok raja menjadi sinonduk hela di Pangururan dan disanalah diberikan tempat untuknya yang sampai sekarang disebut Lumban Silalahi.

Semakin beranak pinak keturunan Silalahi dan Keturunan Simbolon begitu juga mereka saling kawin mengawini dan dari antara keturunan Simbolon ada yang bermarga Simbolon Tuan dan Simbolon Rimbang jadi hal ini juga membuat keaneka ragaman Parrajaon karna di kampung saya sendiri Pintusona Kami marhula-hula ke Simbolon Rimbang namun ke Rianiate yakni Simbolon Tuan kami marboru, jadi hal inilah yang akhir-akhir ini di manfaatkan oknum yang mengatakan tidak semua Simbolon marboru Sihabolonan ke Silalahi.

Jadi sebagai kesimpulan:

1.Istri dari Silahi Sabungan adalah Pintahaomasan boru baso bolon ( bukan br Simbolon )
2.Silalahi adalah bere dari Simbolon Tua, Tamba Tua, Saragi Tua
3.Kenapa Keturunan Simbolon lebih dekat ke keturunan Silalahi dari pada keturunan Tamba
Tua dan Saragi Tua, karna Silalahi selalu kawin ke boru tulang Simbolon.
4.Kenapa akhir-akhir ini ada yang mengatakan Simbolon tidak semua marboru ke Silalahi?
Karena sudah saling kawin mengawini (Simbolon mengawini br Silalahi).

by. Biarjo H. Silalahi

1 komentar:

  1. Horas lae... Salam kenal.
    Saya marga simbolon. Senang berkunjung ke sini.
    Sukses terus ya. Blognya bagus.
    Tolong link ke blog saya ya.

    Salan hangat,
    Juli Abet Simbolon

    BalasHapus